Monthly Theme

Mujizat di Kana dan MISI (POS)

images

Sejak bulan Nop-Jan 2017 pengumpulan dana untuk diakonia natal yg dibagikan ke gereja lain yg perlu perbaikkan.

MISI/POS
1. Tgl 09-13 Jan’16 — NTT
2. Tgl 23-27 Jan’16 — NTT
3. Tgl 30-02 Feb’16 — NTT
4. Jawa Timur dan Ghana (Afrika) Maret ’17
5. Tgl 06-10 Mrt’16 — NTT.
6. Tgl ?? Tenggarong KalTim, seminar hamba Tuhan dan KKR
7. Tgl 29 Apr – 5 Mei — NTT
8. Tgl 10-13 Mei’17– NTT/YESS Sub
9. Tgl 15-18 Mei’17 — NTT
10. Tgl 29 Mei sd 3 Jun — NTT
11. Tgl 7-11 Agst’17 –Rohte/BEST Sub
12. Tgl 4-8 Des’17 — NTT/BEST Sub

Perjamuan di Kana: 26-Feb’17
Yesus Kristus mengubah air menjadi Anggur

Ayat 1. Pada hari ke 3 hari ada perkawin di Kana, berarti perjalanan dari Galilea menuju Nazaret terus ke Kana (berdekatan) memakan waktu 3 hari. Perjalanan Yesus Kristus setelah dibaptis di sungai Yordan, terus ke Galilea, dan ke Nazareth dan Kana, kemudian Tuhan Yesus bersama para murid dan keluarga-Nya ke Kapernaum selama beberapa hari.

Ayat 2. Yesus diundang bersama murid-murid-Nya,
Murid-murid Yesus adalah Filipus dan Natanael, Andreas, Simon, Yohanes dan Yakobus.

Ayat 3. Kekurangan anggur dan ibu Yesus berkata kepada Yesus, bahwa mereka kekurangan anggur. Apapun yang dikerjakan oleh manusia, selalu ada kekurangan dan hal itu akan dilengkapi oleh Tuhan, jika Tuhan diundang dan hadir dalam hidupnya, karyanya, pikirannya, serta dalam hatinya.

Ayat 4.
Jawab Yesus: ‘mau apakah engkau dari pada-Ku, ibu? Saat-Ku belum tiba.’
Ada dua hal:
1. Mau apakah engkau dari pada-Ku:
– Untuk menunjukkan bahwa mujizat itu sesuai dengan kebutuhan.
– Mujizat tidak bisa diatur oleh siapapun termasuk ibu Yesus.
– Ibu Yesus harus mau bekerja sama jika mau mujizat itu terjadi,sehingga ibu Yesus kemudian memerintahkan kepada para pelayan, supaya mereka menuruti apa kata Yesus (taat dan tunduk), ayat 5.
2. Saat-ku belum tiba:
– Bahwa mujizat dan cara kerja Tuhan itu sesuai waktu Tuhan.
– Mujizat itu waktunya belum tiba, karena iman dan ketaatan belum ada.
– Mujizat itu terjadi, dari saat-Ku belum tiba, menjadi sudah tiba, karena para pelayan sudah disiapkan untuk beriman, walaupun tidak masuk akal (taat dan tunduk, serta percaya sepenuhnya dan bertindak atas perintah Yesus).

Ayat 6. Ada 6 tempayan untuk pembasuhan yang isinya masing-masing dua tiga buyung
Ayat 7. Isilah tempayan iu penuh dengan air

Ayat 8. Cedoklah dan bawalah kepada pemimpin pesta, kenapa pemimpin?
– Perlunya seorang pemimpin dalam sebuah team ataupun persekutuan dan gereja, untuk mengatur, mengambil inisiatif, mencari tahu permasalahan, mendapatkan laporan, dan menindak-lanjuti laporan tersebut, serta memakai prosedur yang ada.
– Seorang pemimpin harus bisa mengatur bawahannya dengan baik, sebagaimana para pelayan itu ke pemimpin dan Tuhan Yesus memerintahkannya terlebih dahulu ke pemimpin, bukan kepada mempelai laki-laki atau ibu Yesus atau murid-murid-Nya atau khalayak ramai.
– Seorang pemimpin itu harus mengepalai dan memberikan komando, aturan, serta mengantisipasi segala kemungkinan, jangan sampai kehabisan anggur atau bahkan berkelebihan, pandai memprediksi.
– Seorang pemimpin terlebih harus dekat dengan Yesus Kristus, sebab Yesus Kristus sangat menghargai dan memprioritaskan seorang pemimpin, ini namanya hirarki dan otoritas.
– Hirarkhi tanpa otoritas itu namanya pemimpin mandul.
– Otoritas tanpa hirarki namanya pemimpin otoriter atau roh Izebel, yang tidak tahu atasannya dan aturan, akhirnya menjadi pemberontak seperti Harun dan Meriam(Bil 12), atau Korah, Datan dan Abiram, Bil 16.
Dan semua pemberontakkan pasti ada hukumannnya penyakit, kematian dll, walaupun Musa telah memohonkan ampun, karena Tuhan sangat marah (Bil 12:2,9), tetap saja Meriam mendapatkan kusta putih. Hukum ke lima dari sepuluh hukum Allah, yaitu: Hormatilah ayah dan ibumu (orangtuamu = pemimpin) supaya lanjut umurmu dan perjalananmu berhasil.

Ibr 13:17, Taatilah pemimpin-pemimpinmu dan tunduklah kepada mereka, sebab mereka berjaga-jaga atas jiwamu, sebagai orang-orang yang harus bertanggung jawab atasnya… . dan Ibr 13:1, diawali dengan firman Tuhan: Peliharalah kasih persaudaraan!

Musa sendiri diberontak banyak kali oleh bawahannya, wakilnya, orang kepercayaannya, apalagi dengan kita, jadi pemberontakan itu sudah sering terjadi dan sudah biasa, tidak mungkin bisa dihalangi oleh aturan dan system, hanya bisa di minimalkan saja.
Sebab pemberontakkan itu roh yaitu roh pemberontakkan bersama dengan roh pemecah belah, ambisi, dan kesombongan yang sangat dibenci Tuhan, sebab Lucifer juga memberontak kepada Tuhan bersama sepertiga malaikat.
Roh pemberontakan itu dari ambisi, serakah, iri hati, sakit hati, dendam, dan kesombongan, serta merasa dirinya melebihi seorang pemimpin, seperti Lucifer yang mau disembah seperti Allah.

Ayat 9. Pemimpin pesta tidak tahu, namun para pelayan itu tahu, sehingga pemimpin pesta itu membertahukan kepada mempelai laki-laki, tentang aturan yang seharusnya yaitu menghidangkan anggur yang baik dahulu, kemudian setelah orang puas minum, barulah yang kurang baik. Akan tetapi sebaliknya, ayat 10. Dalam sebuah sakramen pernikahan perlunya firman Tuhan dan mengundang Yesus dengan para hamba-Nya, untuk hadir dan memberkatinya.
Tanpa Yesus Kristus dan firman, serta pemberkatan, maka suatu pernikahan itu belum sah di mata Tuhan, walaupun sudah di sahkan oleh pejabat negara.
Dan dalam sebuah pernikahan adalah suatu lembaga yang kudus, sebab Tuhan akan menurunkan anak-anak-Nya ke bumi melalui keluarga dalam pernikahan, supaya anak-anak yang dilahirkan adalah anak yang slahir dari kesucian pernikahan kudus (Kidhusin= pernikahan, dari kata kadhos = kudus).
Dua menjadi satu, bukanlah hal yang mudah, jika tanpa firman Tuhan, dimana laki-laki adalah kepala keluarga dan wanita adalah tubuhnya, sebagaimana Kristus adalah kepala laki-laki (keluarga), juga kepala gereja.
Tidak mungkin dalam sebuah keluarga ada dua kepala satu tubuh, atau satu kepala dua tubuh atau lebih, bahkan lebih celaka lagi dua tubuh satu kepala, atau satu tubuh banyak kepala, seperti wanita Samaria di sumur Yakub, itu namanya zombie modern. Tuhan Yesus tahu langsung akan wanita Samaria ini sebab Ia adalah Tuhan, dan dalam dunia roh, wanita ini sepertinya berkepala lima, Mat 19: 3-7.
Banyak yang kepala tanpa tubuh, perkawinan sejenis (laki-laki dengan laki-laki), seperti Leak di Bali yang hanya berkepala tanpa tubuh.

Ayat 11. Mujizat pertama, dihadapan para murid dan kahlayak ramai, walaupun sedikit saja yang tahu, hal ini menunjukkan bahwa Yesus adalah Firman tyang telah menjadi Manusia, sehingga firman-Nya menjadikan air menjadi anggur (perubahan). Sehingga murid-murid-Nya percaya kepada-Nya.
Pentingnya percaya kepada Yesus Kristus, dan pentingnya suatu keprcayaan kepada pemimpin dan antar satu team. Mujizat itu sebagai tanda saja dan sesuai dengan kebutuhan bukan suatu atraksi.
Mujizat air menjadi anggur, menjadi tanda mujizat pertama, yang menunjukkan ke Mesias an-Nya, dan perjamuan Paskah yang berhubungan dengan Perjamuan Suci dari roti dan anggur, penyatuan Tuhan dan umat-Nya sebagaimana penyatuan laki-laki dan wanita, menjadi satu tubuh.
Air berubah menjadi anggur oleh Yesus Kristus dari yang tawar menjadi manis, dari kutuk menjadi berkat, tidak sebagaimana Musa lakukan air berubah menjadi darah karena kutuk .
Anggur mengingat perjamuan pesta perkawinan selalu memakai anggur, karena kesukaan raja adalah anggur, namun tidak memabukkan, anggur yang baik di buat oleh Yesus Kristus di akhir perjamuan kawin, tidak sebagaimana biasa yang baik lebih dahulu, barulah yang kurang baik, namun dalam Tuhan baik lebih dahulu, kemudian tambah baik dan lebih baik, serta sangat baik, meningkat bukan menurun.

Tema: I AM HE (AKU lah DIA). Silahkan baca buku The Name of Names (I AM HE).
Tentang perjalanan Yesus menyembuhkan, mengusir setan, mengajar, membersihkan bait Allah yg menunjukkan bhw I AM HE (AKU lah DIA), yaitu Tuhan, Mesias, Allah dan Juruselamat.
Pagi: Mrk 1: 21-28.
Pointnya: 1. Ay 21- Yesus Mengajar dan ayat 22, mengajar sbg Orang yg berkuasa bkn spt Ahli2 Taurat (teori, hafalan dan peraturan Sabat).
2. Setan2 pun berteriak dan diusir eh Yesus.
3. Setan2 tahu siapa Yesus! Yaitu Mesias Yang Kudus dari Allah. Ayat 24.
4. Roh-roh jahat taat kepada Yesus, padahal setan hanya takluk dan taat kepada Allah/Tuhan. Artinya Yesus adalah Tuhan dan Allah yang jadi Manusia sebagai Mesias/Yang diurapi Allah sebagai Juruselamat. Apakah nama2 nabi, malaikat bisa mengusir setan? Kenapa oleh Nama Yesus setan2 takut dan dapat diusir? Fil 2: 9-11.

Kotbah sore:
Mrk 1: 29-39.
Pointnya:
1. Mertua Simon sakit demam dan disembuhkan oleh Yesus.
2. Orang2 yang sakit disembuhkan.
3. Mengusir setan2, dan setan2 mengenal siapa Yesus? Anak Allah, Yang Kudus dari Allah, Mesias dan Tuhan.
4. Ayat 35. Yesus punya kebiasaan doa pagi.
5. Mengajar dan memberitakan Injil dan dari kota ke kota dan dari desa ke desa, ayat 38,39.
Note: perhatikan waktu mak 45 menit dan harus semangat, intonasi suara, kesaksian dan kisah Alkitab yg sama.
Tambahi: Mega project karakter Kristus, Ajaran Yesus, Misi dan minggu berkualitas yang ke 580. Artinya setiap minggu belajar untuk mempersembahkan hidup kepada Tuhan, Rom 12:1

Yohanes 2:13-25: Yesus dan Bait Allah
1. Yesus menyamakan diri-Nya dengan bait Allah, shingga IA menyuruh untuk merombak Bait Allah, dan IA akan membangun kembali dalam tiga hari, (Yoh 2:19-21), yang dimaksud adalah tubuh-Nya sendiri. Sehingga ayat 22, menjelaskan bahwa para murid-Nya baru teringat dan mengerti bahwa Yesus itu adalah bait Allah yang sesungguhnya, setelah Yesus mati dan bangkit pada hari ke 3. Kemudian pada tahun 70 M, Bait Allah dirubuhkan oleh jenderal Titus, sampai sekarang belum dibangun dan Tabut Perjanjian juga hilang entah kemana. Bahkan rubuhnya bait Allah sudah dinubuatkan oleh Tuhan Yesus ketika IA melihat Yerusalem dari bukit Zaitun, Mat 24:1,2.
2. Mengapa Tuhan Yesus marah dan mengusir orang yang berjual-beli di bait Allah dan menjungkir-balikan meja-meja penukar uang? Yoh 2:14-16? Karena cintan-Nya akan rumah Tuhan (perlu rajin dan giat ke gereja), ayat 16. Dan sekaligus diri-Nya adalah rumah Tuhan sesungguhnya, tentu IA tidak mau sekarang gereja-Nya menjadi sama seperti bait Allah yang di masa lampau, yaitu:
a. Menjual-belikan karunia yang digambarkan sebagai pedagang lembu, kambing domba ( persembahan) dan merpati (karunia roh Kudus).
b. Menjual-belikan pelayanan atau mencari keuntungan (berdagang), yang digambarkan sebagai Meja-meja penukar uang.
c. Mereka yang melintasi halaman dengan membawa barang-barang dagangan, yang digambarkan mencari kesempatan dalam pelayanan (motivasi dalam pelayanan atau ketidaktulusan) digambar dalam kitab Markus, 15-17, yaitu.
3. Matius 21: 13-17, menjelaskan bahwa Yesus setelah membersihkan bait Allah, maka Ia menyembuhkan banyak orang, Ini yang benar dan kebenaran yaitu ada kesucian dan kebenaran lebih dahulu, maka mujizat dan kesembuhan setelahnya, sesuai dengan ajaran Tuhan Yesus Mat 6:33. Jangan sampai dibalik yaitu: mujizat dan kesembuhan lebih dahulu, namun tidak ada kesucian dan kebenaran, jelas hal ini menunjukkan Mat 7:21-23, yang ditentang oleh Tuhan Yesus, banyak orang bernubuat, mengusir setan dan mengadakan mujizat dalam nama Tuhan Yesus, namun ditolak masuk sorga. Karena bukan melakukan kehendak Bapa. Sebagaimana doa Bapa kami, Mat 6: 9: Doa Bapa kami …. Dikuduskan nama-Mu atau dipermuliakan nama-Mu.
4. Mengapa para imam kepala dan ahli Taurat jengkel dan marah, karena mereka melihat banyak orang yang memuji Tuhan Yesus, dan itulah yang disebutkan oleh Tuhan Yesus sebagai Puji-pujian artinya: melihat kesucian dan kebenaran serta mujizat yang terjadi, yang diawali dengan penyucian bait Allah terlebih dahulu. Pelajari arti pujian Mat 15:8,9.
5. Rumah Tuhan tidak boleh menjadi sarang penyamun melainkan rumah doa bagi segala bangsa,, Mrk 11:17. Yak 4:4, …. siapa yang bersahabat dengan dunia menjadikan dirinya sebagai musuh Allah. Jadi untuk menjadi musuh Allah tidak perlu menolak percaya dan menghujat, akan tetapi yang percaya dan taat beribadah, namun jika hatinya duniawi, cukup dia sudah menjadi musuh Tuhan, lihat buku Musuh Allah dalam Gereja, karangan Fengky M,SE. Kol 3: 1-10; Mat 15:8-20.
6. Gereja bukan lagi suatu kumpulan sosial, mencari untung, pamer rohani, atau agamawi, namun harus punya visi yang jelas dan benar serta suci sesuai dengan ajaran Yesus. Oleh karena itu arti gereja selain Ekklesia = dipanggil keluar dari dunia/gelap keluar ke terang, untuk bersaksi. Disamping itu, gereja BEST menjelaskan dengan POMC artinya gereja harus ada: Personality (Manusianya, berEtika dan punya integritas), Organisasi (terorganisir seperti UFO), Movement = bergerak , melayani, misi, kkr dll, dan terakhir Controlling: diawasi apakah sesuai ajaran Yesus, Alkitab dan Injil, sesuai visi dan bergerak sesuai dengan gerakan roh?